11/04/2011

Untukku dan Untukkmu, wahai kaum Hawa

Di kutip dari status kaka tingkat...semoga berkah ilmunya
Umar ibnul Khaththab Radziyallohu’anh bertanya kepada Rasulullah Sallallahu’alaihi wasallam, “Wahai Rasulullah! Harta apakah yang sebaiknya kita miliki?”

Beliau menjawab,

“Hendaklah salah seorang dari kjalian memiliki hati yang bersyukur, lisan yang berzikir, dan istri mukminah yang membantunya dalam urusan akhiratnya.” (HR. Ibnu Majah no. 1856, dinyatakan sahih dalam Shahih Ibni Majah)
Carilah wanita yang berada di atas jalanmu, pada seluruh keadaanmu, dalam hal ketaatan kepada Allah Subhanhahuwata’ala. Apabila engkau berhasil mendapatkannya, peganglah erat-erat karena wanita yang demikian adalah harta dan perbendaharaan berharga yang patut disimpan.

Rasulullah Sallallahu’alaihi wasallam pernah bersabda kepada Umar ibnul Khaththab Radziyallahu’anh,

“Maukah aku beri tahukan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki? (Yaitu) istri salehah yang ketika dipandang akan menyenangkannya (Karena keindahan dan kecantikannya secara lahir, karena akhlaknya yang bagus secara batin, atau karena si istri senantiasa menyibukkan dirinya untuk taat dan bertakwa kepada Alloh Subhanahuwata'ala. (Ta'liq Sunan Ibnu Majah, Muhammad Fuad Abdul Baqi, Kitabun Nikah, bab "Afdhalun Nisa'", 1/596, 'Aunul Ma'bud 5/56)), ketika diperintah (Untuk melakukan urusan syar'i atau urusan biasa. ('Aunul Ma'bud 5/56)) akan menaatinya (Mengerjakan apa yang diperintahkan dan melayaninya. ('Aunul Ma'bud 5/56), dan ketika ia pergi, si istri akan menjaga dirinya untuk suaminya.” (HR. Abu Dawud no. 1417, dinyatakan sahih menurut syarat Muslim dalam al-Jami’ush Shahih 3/57)
 

2 comments:

tulis komen mu disini ya