4/22/2011

Kalau Sudah Jatuh Cinta Pada Buku



"Na, kelak jika aku punya anak, saya akan membacakan dongeng sebelum tidur" ujar saya  pada Ratna di salah satu toko buku yang besar di Bandung.
"hadahhhh...."balasnya sambil tertawa...
"iya na, budaya seperti itu sudah mulai luntur, padahalkan ini baik buat perkembangan anak nanti, nanti saya kerjasama sama suami deh buat perpustakaan pribadi, heheh." ujar  sambil tertawa meinggalkan Ratna dengan bukunya, aku pun melihat buku buku yang berjejer tertata rapih diantara buku anak-anak. Buku anak-anak begitu menggiurkan untuk dilihat anak-anak, warna dan gambar yang menggemaskan akan menarik perhatian anak-anak, dan menjadi perangsang anak untuk senantiasa membaca.

saat itu aku melihat buku ensiklopedia anak, judulnya alam semesta dan al Quran. wah bukunya ini sangat menarik, tipis, singkat padat dan gambarnya menarik, jangankan anak-anak, aku saja sangat suka, dan aku pun membawa untuk kemudian aku baca. aku duduk di tempat biasa pengunjung membaca, disampingku duduk gadis cantik , mungkin usianya masih  8 tahun, dia tampak asik membaca buku cerita bergambar, rambutnya sebahu, memakai baju berwarna pink, tampak sekali ia begitu khusu. Aku pun membaca buku, sesekali aku melihat dia merubah posisi duduk, dan aku tersenyum saat tahu dia mengambil buku yang ia duduki, 2 buah buku cerita bergambar. *aduhh lucunya ini anak.

Beberapa waktu kemudian, anak itu pun berlalu, dan datang pasangan muda membawa anaknya. Anak laki-laki dengan jaket berawana biru dongker, ia asik sekali dengan buku bergambar, *iah mupeng deh aku liat mereka heuheu...

Tampak suasana sangat mendukung untuk membaca, semangat membaca begitu kental terasa. Saya pun turun ke bagian novel. banyak sekali novel terbaru dan novel lama yang sudah saya baca, tapi ntah kenapa saya sedang tidak tertarik dengan novel. hanya dilihat dan berlalu. Aku dibagian novel-novel yang tertata rapih. aku baru sadar selama ini aku nggak pernah beli novel, standar saya buat novel pinjem aze deh heheh.... Diantara sekian yang aku  lihat, novel al chemist lah  yang aku sentuh, kemudian duduk untuk dibaca, sayangnya kepala saya menggoda tiba-tiba, rasa sakit mulai menjalari kepala...

Saya pun menyusuri buku kerajianan tangan. mencari buku tentang merajut, ingin mengembang pola dasar teknik merajut. heum tapi harganya waw juga. maklum berwarna plus tebal. niatan membeli hanya sebatas niatan.kapan kapan saja deh.kalau ada rezeki.


heum lama juga aku tak berkunjung ke sana. buat para penggila buku, seberapa pun harganya pasti akan dibeli, kecuali aku kali ya, tetap harus mengukur budget yang ada heheh....

buku buku ...

Semangat membaca harus ditumbuhkan sedari dini, agar menjadi sebuah kebutuhan, dan bisa menambah wawasan. Membaca pun merupakan satu jalan mampu mengelilingi dunia,membuka seluas luasanya cakrawala, dengan cara mudah..

so mari membaca...

 Aku punya teman di yayasan, beliau begitu menggilai buku, sampai lebih dari Rp250.000 lebih hanya untuk membeli buku, bahkan sempat saya maen ke rumahnya, subhanallah nian bukunya bak perpus, aku langsung menyerbu itu tumpukkan buku yang sudah melambai untuk aku acak-acak. mupeng juga saya pengen punya buku sampai selemari besar. mulai dari ukuran mini, sampai ukuran besar, mulai dari yang tipis sampai yang paling tebal. Bagaimana dengan sahabat?. sebenarnya bukan dari banyak buku yang ada, tapi seberapa banyak buku yang telah dibaca.

Segitulah kalau sudah jatuh hati pada buku.

Tertarik buat perpustakaan pribadi?


*siapkan uang buat Islamic BOOK FAIR 11-17 Mei hehe