4/29/2010

Ini Basa Basi yang Nggak Basi

Hai-hai aku balik lagi bawa cerita lagi, dan lagi-lagi ini tentang sisi kehidupan aku, dan tak lupa bagi –bagi inspirasi. Lagi-lagi dan lagi ( wehi banyak banget pake kata lagi..pemborosan heheh)..eh ya tahu ga ni nulis pah hujan turun eh salah turun hujan ,, wesss hujan pan rahmat, selain itu salah satu waktu di makbulnya doa..jadi mari kita berdoa (-_-) à(^^)(berdoa mode on)….nah selesai…
Lanjut lagi nich…nulis apa ya?Campur sari aza deh tak lupa bala-bala juga.

Ntah mimpi apa tadi malam bisa ketemu orang hebat disiang bolong. Tamu tak terduga , tamu tak diundang.heheh..jadi ceritannya gini ( panjang nichhh…siap2 pop corn . to kacang goreng sambil menikmati bacaaan dibawah ini hahahah)

Siang itu saat matahari tepat di atas kepala kami,di bawah rindangnya pohon-pohon, tak lupa angin sepoi-sepoi yang numpang lewat,ga Cuma mahasiswa yang lewat to mobil yang lalu lalang tanpa permisi menjadi backround kegiatan kita waktu itu, aku dan ke5 sahabat ku yang lagi duduk asik di lapangan dekanat MIPA membedah sirah nabawi( yah ga banyak sih baru 1 bab heheh pake Peta jazirah arab buatan teman ku yang kuliah di al-imarat). Ditemani rujak yang sedari tadi sudah memanggil perut-perut kami yang lapar, siang itu kami sangat menikmati aktivitas perpekan, aktivitas yang mengikat ukhuwah, akivitas berbagi ilmu, aktivitas yang di tunggu, aktivitas penuh barakah. Saat itu kami mau mengakhiri bedah bukunya .Tiba-tiba seorang wanita karir datang menghampiri dan memberikan makanan snack ringan dan berlalu begitu saja. (Heheh dasar rezeki =p ). Kita terkekekh dan kaget. Subhanallah rezeki nomplok. Kita semua menengok kebelakang meihat wanita karir yang cantik itu berlalu dari kita.”luar biasa wanita karir itu, kita juga bakal jadi wanita karir” ujar salah satu dari kita dengan penuh semangat, dan ga mau kalah yang lain nimpalin “ iya ntar kita jadi wanita karir”.kita pun segera memburu snack ringan itu, dalam hitungan detik snack ringan tinggal bersisa bungkusnya doank..( wah nampaknya para akhwat kelaparan …iahhhh dasar heheh, maklum jadi nak kosan, nemu makan gratis langsung sikat heheh =D).
Tak lama setelah itu datanglah seorang wanita tua,keluar dari mobil hitam yang tak jauh dari tempat kita duduk, kira-kira 2 meter tepat sebelah kami, wajahnya begitu segar kulitnya putih, penampilannya sederhana, menggunakan penutup kepala seperti topi warnanya putih, pakaian muslimahnya berwarna merah dan celana katun berwarna putih, beliau datang mengahampiri sambil membawa snack ringan , tiba-tiba menyapa kita.
“lagi pada ngapain nich , dari tadi ibu perhatikan lewat mobil, ibu lihat kalian lagi belajar, belajar apa nich, nich ibu bawa makanan buat kalian ?”ujar ibu itu sambil duduk diantara kami. Sebenarnya sebelumnya mataku diam- diam secara sepintas memperhatikan ibu dan wanita tadi yang ada tepat disamping kami.
“oh lagi bedah buku tentang nabi Muhammad” jawab salah satu dari kami.
“ehm begitu ya hebat, kebetulan ibu baru saja dari madinah ?” jawaban ibu itu ramah
Kami pun terkejut dan meminta ibu itu untuk menceritakan pengalamannya, kita semua memperlihatkan ekspresi senang luar biasa, kita pun pasang telinga extra lebar( uhhh lebay heheh) Dan ihhhh waaaaawwwww ternyata wanita tua itu merupakan sosok luar biasa .( maaf tapi tak sehebat rasulullah tentunya heheh ^^). Umurnya sudah 72 tahun tapi masih tetap terihat segar, ternyata dia adalah seorang psikolog lulusan UNPAD zaman kapan tahun tapi !!heheh.dia bukan orang biasa, dia mempunyai gelar doctor, tak terlihat memang karena balutan sederhana yang ia kenakan. Ia sudah melanglang buana ke beberpa Negara. Subhanallah,. Diantaranya Brazil, Amerika, Turki, Madinah, tempat wisata seperti Niagara.subhanallah lagi tenyata dia baru saja pulang dari Singapura mengantar anaknya. Dan ternyata lagi dan lagi ( tuh kan ada kata” lagi”, emang lagi edisi lagi hehehe) suaminya juga seorang hakim agung dengan gelarrrrr apa ya lupa lagi heheh, yang pasti hakim agung yang ada Cuma 5 di Indonesia dan salah satunya suami ibu itu. wah ckckckck..
Ibu itu seorang sukses karena telah menjadikan anak-anaknya sukses pula , ketiga anak perempuannya telah menjadi manusia , dalam arti sukses ya !!!!anak pertamanya adalah seorang presiden mandiri( uiiiiiihhhh subhanalah ) , anak kedua doctor nuklir pertama di dunia ( uahhhwwww mantap…takjub mode on DOKTOR NUKLIR PERTAMA DI DUNIA GITULHOOOOO), dan anak yang ketiga masih bergelar master ( jiahhh masih master makin tersohok kita, kagum ckckck, jadi ngebayangin kita siapa ya??? Jadi pa ya???) nah anak ketiganya tadi adalah yang tadi ngasih makanan sama kita wehhhh mantap bukan??? .kita sampe geleng-geleng kepala dengarnya,
Luar biasa belum lagi pengalaman dia dan keluarganya, dia hampir dibanyak tempat punya rumah, punya yayasan pendidikan, yatim piatu dan ada juga panti jompo, yang dikelola oleh bawahannya, tugas beliau cuma nagawasin. ( haduhhh luar biasa). Ada lagi..ada lagi… ilmu agamanya pun luar biasa di usianya yang tak lagi muda itu masih saja melotok itu hadist sama ayat alquran .. wah komplit dah.. beliau mengajarkan kita untuk pandai bersyukur, yah dalam berbagai aspek, mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar , mulai dari yang terdekat sampai hal yang jauh, mengajarkan kami bagaimana menjadi pribadi seperti padi yang makin berisi makin merunduk, atau sering kita sebut rendah hati atau tawadhu, mengingatkan kita untuk tidak pacaran , mengingatkan seharusnya memilih calon suami sperti apa ( uehhhhh sensitive,,eukheum tenang bu saya sudah pasang target heheh), mengingatkan supaya belajar dengan mujahadah, belajar dan belajar , mengingatkan bagaimana seharusnya shalat, mengingatkan kita bahwa hidup di dunia cuma bentar,mengingat kan banyak hal yang membuat kami semakin tertegun. Betapa beruntungnya kami kedatangan tamu yang luar biasa,soalnya kata ibu itu, buat belajar sama ibu harus di bayar one hour one million( wahhhhhhh ckckckck, orang penting maklum ) sungguh di dunia ini tidak ada yang kebetulan . Nampaknya allah memberikan hadiah terindah dan pematerian terbaik diantara pertemuan-pertemuan kami dalam tolabul ilmi. Subhanallah walhamdulillahi wa laailaaha illalaahuu wallahu akbar. Yah sungguh tamu yang luar biasa. Alhamdulillahirabbil’alamin. Pertemuan itu menyisakan semangat , menyisakan harapan , menyisakan keinginan yang kuat, dan decak kekagum atas kuasa Allah mempertemukan kita dengan sosok yang bisa menjadi teladan ( teladan terbaik tetap rasulullah lahhhh). Luar biasa . pertemuan kami ditutup dengan doa dan harapan ibu Edi atau lebih dikenal dengan ibu hakim pada kami .
Nah pertemuan edisi special dipertemuan kali itu. Jadi semngat buat terus tolabul ilmi.
Hamasah. semoga bisa memetik inspirasi, hikmah.nya dari basa basi yang nggak basi ini.

Asrama padjadjaran 2 , 29 April 2010
20:24 WIB…
Rahayu alias yucan tapi bukan rahaYU CAN tik .. yang benar rahaYU CAN……

Aku jadi Guru TK







Lihat! 5 bocah bergaya dengan polosnya, lihat! senyum lepas tanpa beban dari lima bocah diatas, lihat!. Yahhhh mereka 5 dari sekian banyak anak didikku, aku takkan melupakan pengalamanku selama mengajar di TK alfani , dua bulan aku menjadi seorang guru TK ,cukup menyisakan pengalaman yang manis bagiku, ilmu yang baru tentang dunia anak, pengalaman kerja seorang guru honorer, berkenalan dengan dengan keluarga kepala sekolah yang unik luar biasa.
Hampir satu tahun berlalu sudah setelah aku memutuskan mengundurkan diri menjadi seorang guru. karena sebuah jawaban atas keinginanku terwujud.ya allah apa kabar mereka? Aku rindu pada mereka, dengan kepolosannya, dengan teriakkan ibu dari mereka, dengan rengekan mereka, dengan manjaan mereka, semangat belajar mereka ,kelakuan nakal mereka, ocehan lucu dari bibir mungil dan lainnya.
Anak didik yang paling aku ingat adalah Dika, si kembar Nazwa dan Naswa kemudian Rindu.mereka yang paling berkesan dihati, untuk Dika dia yang paling kecil dulu, sehingga dia mengulang kembali di tK itu, dia yang paling kecil dan paling nakal, mengerjakan tugas pun ogah-ogahan, tapi di tahun kedua dia begitu rajin, ih dika ibu sayang kamu nak. Rindu adalah yang paling pintar dari semuanya, paling dewasa, paling rajin dan jadi unggulan dari yang lain, menjadi salah satu siswa berprestasi, dia cantik sekali, dan sangat polos. Nah di tahun kedua aku mengajar, aku menemukan anak didikku yang paling manja padaku, yaitu si kembar nazwa dan naswa, ditahun kedua mereka yang menjadi paling muda, mereka yang paling sering merengek padaku, mereka sangat sayang padaku, kalo ngerjain tugas paling ogah-ogahan, ih lucunyaaaaa..kalo kalian lihat pasti gereget ,saking lucunya mereka,kadang aku sampe bingung ngebedain mana kakaknya mana adiknya saking miripnya. Duh anak-anak didikku sayang banget ibu sama kalian . semoga kalian jadi anak yang sholeh dan sholehah.amin.
Dari penglaman mengajar itu aku pun jadi mengenal banyak hal , ya termasuk staf pengajar multi talenta, dia ibu kepala sekolah yang cantik dan pintar, tubuhnya mungil tapi punya potensi luar biasa dalam hal mengajar anak kecil dan dalam bidang seni,punya suara yang merdu dan saat membaca qira’at pun bagus sekali , tidak hanya itu dia pun serba bisa. Oh ya ibu sangat terbuka padaku soal maslah hidupnya, hingga aku diangkat menjadi anaknya yang ke 8 jadi sibungsu hehehe, aku pun dekat dengan anak-anaknya. Beliau punya 4 orang anak anak kedua dari belaiu adalah temanku waktu dibangku SMA. Luar biasa anak-anaknya pun potensi luar biasa. Anaknya yang pertama yang sering di panggil sangat pintar dlam akdemik dan teknologi computer. Nah yang kedua yang jadi temanku dia, sangat pandai dalam bidang sastra, tulisannya patut diacungi jempol, yang ketiga ini yang paling mirip dengan kepala TK, dia yang awalnya mengenalkan aku pada ibu kepala Tk dan yang terakhir dari anaknya ini yang paling punya karakter khas, heheh namanya eki, si kecil eki, matanya sipit dan dia begitu pintar kemampuan otaknya seperti kapas gampang sekali menyerap ilmu , subhanallah. Nah suami ibu kepala TK ini adalah pemilik yayasan pendidikan Alfani.
Aku pun mengenal dan bahkan cukup dekat dengan pengajar lain yaitu ibu nanih dan ibu lilis .Mereka sangat baik padaku berasa punya teman baru. heheh.
Sebelum masuk sekolah ,sepeti biasa kita berbaris di depan kelas sambil menyanyi .hehe aku masih ingat sedikt lagunya kurang lebih lagunya seperti ini.

Lonceng berbunyi
Baris dihalaman
Setiap hari aku banyak teman
Tangan ke atas di bahu di rentang
Meniru burung terbang di udara
Satu dua satu dua terbang di udara
Satu dua satu dua terbang di udara
Angkat kaki perlahan yang kiri dan yang kanan
Yang rapih wahai teman
Balik kanan serempak
Balik kanan serempak

Siap lencang depan grak
“ nah hari ini hari senin waktuya periksa kuku, hayo kuku siapa yang sudah dipotong , coba angkat jari tangannya ibu lihatttt…kuku siapa yang paling bersih dan sudah dipotong boleh masuk”
Hahah itu secuil kata yang aku ucap sebelum anak-anak masuk kekelas .
Kemudia setelah masuk kemudian kita berdoa, kurang lebih seperti ini
“tangan ke atas 1
Tangan kesamping 2
Tangan ke dpn 3 dilipat manis
1 2 3”
“Ayo alfatihah ( anak-anak pun membaca alfatihah, ) an nas nya ( anak-anak pun membacanya), al falaq ( anak-anakpun mambacanya ), alikhlas ( anak-anakpun membaca nya) . alfabettttt ( mereka pun menguraikan alphabet ABCDEF…………..)kemudian ei bi si di………(mereka pun serempak menyebutkan ABCD…dalam bahasa inggris ) yaa sekarang huruf hijaiyah , sampai nanti mutiara akhlak”
aktivitas lain pun dimulai. Mulai dari jadwal menulis alphabet sampai pelajaran menggambar, mewarnai dan menempel. Oh ya tak lupa sebelumnya di absen terlebih dahulu.semua itu begitu menyenangkan . betapa beruntung aku bisa merasakan aktivitas memjadi seorang guru TK , bisa mengenal banyak hal baru , bisa tahu psikologi anak, dan yang pasti bisa bermain dengan anak kecil.masih banyak kejadian-kejadian menarik lainnya selama kau mengajar. Subhanallah. Alhamdulillahirabbil’alamin.
Itulah sedikit tentang pengalaman aku jadi guru TK, sebenarnya masih banyak, Cuma kebanyak kalau aku uraikan .heheh ..moga –moga bisa termotivasi dan mengandung inspirasi.

Asrama padjadjaran 2, 30 april 2010
01.02 WIB dini hari
Rahayu alias BU Rahayu heheh

Orolan Kaum Hawa


Ntah kenapa dari dulu dari zaman aku masih duduk di bangku SD sampe sekarang saya udah di duduk di bangku perguruan tinggi kalo kaum hawa lagi pada kumpul pasti ngobrolnya meleber kemana-mana, dan ga nyambung , dan itu banyak banget yang ga sadar, saking banyaknya yang pengen diobrolakan kali yaaa. Belum beres ngomongin ini, eeee udah muncul tema baru yang ntu.. yang ntu belum beres eeeeh nongol lagi yang bertema laen. Walah ga focus heheh…dan saat kaum hawa itu sadar bahwa obralan kita udah ngaler ngidul alias udah lompat sono lompat sini malah pada ketawa –ketawa dan bilang dengan bangganya “” eh kok obrolan kita kok ga nyambung” ujar kaum hawa sambil melongo, isi kepala flash back pembicaraan malah ke awal , dan tiba-tiba tawa meledak..heheh ada –ada aza.. kalo kaum adam gimana ya??



29 april 2010 asrama padjadjaran
Malam hari
Rahayu atau salah satu kaum hawa

4/27/2010

Seuntai Harapan dan Doa


Ya Allah……..

Jika aku mencintai kekeasihMU

Jangan biarkan aku mencintaiNya

Melebihi cintaku padaMU

Ya Allah…….

Jika aku merindukan kekasihMu

Maka biarkanlah aku merindukanMu

Melebihi rindu padanya

Ya Allah ……..

JIka aku memiliki kekasihMu

Maka carikanlah kekasih

Yang mampu membuat aku semakin dekat padaMu…

Alhamdulillahirabbil'alamin

Alhamdulillahirabbil’alamin

Segala puji bagi Allah yang telah banyak memberiku nikmat, yah nikmat yang sangat banyak nikmat sehat, nikmat iman, nikmat ihsan , dan nikmat islam jarang sekali aku mensyukuri semua itu, jarang sekali aku mentafakuri pemberian allah padaku, jarang sekali aku mengucap syukur, ucapan itu hanya saat –saat tertentu saja. Hanya saat allah memberiku sesuatu, dan hanya saat allah memberikan aku sesuatu. Malu rasanya, sekian banyak DIa berikan aku banyak hal, dan balasannya ku pun apa? Yah saat ini aku sedang belajar untuk bersyukur, bersyukur dengan segala apa pun apa yang ada. Alhamdulillahirabbil’alamin, aku masih diberi kesempatan untuk bisa membenahai diri, mentafakuri diri, muhasabah diri. Yah kalau bukan karena rahmat dan izinnya saya tidak melakukan ini semua

Alhamdulillahirabbil’alamin

Allah masih memberikan bonus waktu satu hari, yaitu hari ini, tiada yang tahu apa yang akan terjadi satu detik kemudian , dan segala puji bagi Dia Allah tuhan semesta Alam yang memberikan aku satu kesempatan itu. Semoga berkah hari ini dan aku banyak mendapat ilmu, ya ilmu yanh berkah lagi manfaat, rezeki yang penuh berkah pula.semoga sisa umur ini pula penuh barakah

Alhamdulillahirabbil’alamin

Maka nikmat tuhan mu yang manakah yang kamu dustakan.?

Alhamdulillahirabbil’alamin

Allah masih mengingatkan aku saat aku melakukan kesalahan, allah masih memberikan petunjukny saat aku butuh petunjuk itu, allah masih memperhatikanaku Alhamdulillahirabbil’alamin. Allah memberikan banyak hal yang aku butuhkan, memberikan aku kesempatan unuk memperbaiki kesalahan-kesalahan ku sedikit demi sedikit. Allahu tuhanku ajarkan padaku agar bisa aku tawazun melakukan semua ini. ajarkan aku untuk bisa murni melakukan aktivitas ini hanya mengharap keridhoanMu. Ya allah bersihkan hatiku dari berbagai macam hijab yang mampu menghalangi aku untuk bisa bertaqarub kepadaMu. Ajarkan aku untuk selalu bersyukur kepadamu setiap saat, setiap waktu, dimana pun , kapan pun, dalam situasi apapun, ajarkan aku untuk senantiasa berdzikir kepadaMu. Amin ya Rabbal’alamin

.

4/26/2010

Ilmu dalam sinergitas belajar dan mengajar


Mencari ilmu adalah aktivitas yang takkan terhenti hingga kematian datang. Menuntut ilmu bagi seorang muslim wajib hukumnya. Rasulullah mengajarkan “ Menuntut ilmu hukumnya wajib bagi setiap muslim.”(HR Thabrani) . dalam hadis lain dengan perawi yang lain , rasulullah menekan betapa pentingnya menuntut ilmu “ Tuntutlah ilmu dari masa buaian sampai menjelang masuk liang kubur.”(HR bukhari). Melalui ilmulah kita mencapai derajat tertinggi manusia hal ini sesuai dengan surat al mujadilah (58): 11. “…Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan orang berilmu beberapa derajat…”.
Dengan ilmu kita mendapatkan kunci kesuksesaan sebagai khalifah dimuka bumi ini. teladan utama tentu dari rasulllah yang mengajarkan pentingnya ilmu melalui membaca . tercantum dalam surat al –alaq (96) ayat 1-5 yang berisi perintah membaca .membaca sendiri merupakan rangkaian proses untuk bisa mendapatkan ilmu. Tiada batas untuk kita menjelajahi ilmu Allah yang sangat luas ini, melaui lam, malaui peristiwa kehidupan baik masa lalu maupaun kehidupan saat ini ataupun mendatang, proses penciptaan alam semesta, proses penciptaan manusia dan lain-lain.
“ katakanlah (muhammad ), “ Seandainya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhan-Ku, maka pasti habis lah lautan itu sebelum selesai (penulisan) kalimat-kalimat TuhanKu meskipun kami datangkan tambahan sebanyak itu pula.”( Al kahf ayat 109)
Menuntut ilmu sendiri ada dalam proses yang berkesinambungan dengan rangkaian kegiatan belajar mengajar sebagai media untuk mentransfer ilmu, belajar tak bisa berdiri sendiri begitu juga dengan mengajar, semua serangkaian proses yang akan terus bersinergis dalam pencarian ilmu. Tidak dapat dipungkiri islam memberikan dorongan yang besar dalam pencarian ilmu melaui kegiatan belajar yang padu padan satu sama lain. Sahabat rasulullah ibnu abbas salah satu contoh muslim pembelajar yang semnagatnya baik dalam proses belajar maupun mengajar luar biasa. Hal itu terlihat dalam sikap ibnu abbas dalam menuntut ilmu,ia rela menunggu didepan pintu sahabat jika ada berita tentang sebuah hadis pada salah seorang sahabat rasulullah, segera didatanginya sahabat rasulullah dan jika sahabat sedang tidur siang ia menunggu didepn pintu rumah sambil berbantalkan pakaina luarnya. Luar biasa bukan, di saat usianya 13 tahun ia menjadi tempat rujukan sahabat karena keluasan ilmu yang dimiliki. Ia mendapatkan gelar al habru wal bahru ( tinta dan lautan ), ia meriwayatkan hadits lebih kurang 1600 hadis.subhanallah. perilaku yang tercermin barusan terlihat bagaimana prsoses belajar yang luar biasa dari seorang ibnu abbas dan roses mengajarkan hadis yang dijadikan sebgai bahan rujukan sepeninggal rasulullah, tidak hanya inbu abbas yang memiliki keluasan ilmu yang tinggi, ada juga Aisyah tentunya, yang terkenal dengan kecerdasannya dan juga abu hurairah yang pernah di doakan secara khusus , dan ada juga ali yang pernah dipuji sebagai pintu ilmu dimana rasulullah sebagi kota ilmunya. Heum kisah tadi semoga bisa menggerakkan hati kita untuk terus menuntut ilmu.
Kegiatan belajar mengajar tidak hanya harus melalui proses yang formal maupun bersertifikaf tapi bisa dimana pun dan kapan pun, karena banyak yang berangggapan bahwa kegiatan belajar mengajar akan berlangsung selama menempuh pendidikan formal, selesai pendidikan kegiatan belajar mengajarkan pun ikut terhenti. Padahal sadar atau tidak disadari proses ini akan terus menerus terjadi hingga kematian yang memutuskan. baik itu ilmu yang diberikan orang tua pada anak, atau sebailknya, baik dari guru kepada anak didiknya, dari anak satu terhadap anak yang lain, baik dari suatu peristiwa atau dari makhluk allah lain yang bisa dijadikan sumber ilmu.
Banyak keutamaan yang akan dimiliki orang-orang yang berilmu diantaranya :
1. Memperoleh derajat yang tinggi dari Allah SWT. Hal ini berdasarkan firman Allah Q.S. Almujadilah [58] ayat 11
“…Niscaya Allah akan mengangkat ( derajat) orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orng yang diberi ilmu beberapa derajat ….
2. Memiliki bekal hidup di dunia dan di akhirat
“ apabila manusia meninggal dunia, terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang senantiasa mendoakannya ( H.R. Muslim)
3. Memperoleh keselmatan dari laknat Allah
Dari Abu hurairah, ia berkata, “ aku mendengar Rasulullah SAW, bersabda, “ Dunia ini terkutuk dan segla isinya pun terkutuk, kecuali zikrullah ( selalu ingat kepada Allah) dan yang serupa dengan itu , dan orang-orang alim dan orang yang menuntut ilmu” ( H. R. at –Tirmidzi)
4. Dimudahkan menuju surga
Rasulullah bersabda berdasarkan hadis berikut
Dari Abu Hurairah, ia berkata, ‘ seseungguhnya Rasulullah SAW. Bersabda, ‘Siapa yang berjalan di suatu jalan untuk menuntut ilmu pengetahuan, maka allah akan memudahkan baginya jalan kesurga.” ( H.R Muslim)

Tidakkkah kita merasa terdorong untuk terus menuntut ilmu steelah mengetahui keutamannya. Tapi ada hal yang pelu di ketahui bahwa ilmu itu tidak pernah mau dituntut keculai karena allah (Imam Ghazali) dan ilmu itu harus didatangi bukan mendatangi ( imam malik).

Semoga kita bisa menjadi ahli para nabi yang memiliki kedudukan ilmu . amin

“ Para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Yang mereka wariskan adalah ilmu. Seseorang yang mendapatkannya sungguh ia telah mendapatkan bagian yang banyak,”(HR Abu dawud dan tirmidzi)
So,,,, jangan pernah lelha untuk terus menuntut ilmu dan niatkan untuk meraih ridho allah. Semoga pikiran dan hati kita senantiasa dibukakan untuk mampu memahami ilmu-ilmu allah yang luas ini. amin. hamasah


Asrama Padjadjaran 2, menjelang tengah malam, 23.20 WIB
26 April 2010
Rahayu Setianingsih

Dari Seorang Mu'alaf Aku Belajar



Ada sepenggal kisah nyata yang ingin saya bagikan, semoga kita bisa menggambil ibrahnya, dan mampu membuka hati kita semua
Ada yang tak biasa di aktivitas perpekanku minggu ini, kejadian yang membuat aku bersyukur terlahir menjadi seorang muslim dan dalam keluarga muslim tentunya.
Siang itu disamping pementorku duduk sesosok manusia yang kusangka dari kaum adam, itu terlihat dari penampilannya, tapi ternyata dia sama sepertiku dari kaum hawa, kakak mentorku tiba-tiba mengenalkan dia, ( maaf nama tidak akan saya sebutkan) ternyata seorang gadis berusia 17 tahun, dari penampilannya tidak memperlihatkan bahwa ia adalah gadis berusia 17 tahun , nyata benar. Tubuhnya tinggi, berkulit putih, wajahnya tampak lebih tua dari usianya, potongan rambutnya mirip anak laki-laki, pakainnya pun model laki-laki. Mungkin bagi yang tak kenal dia pasti mengira bahwa dia adalahseorang laki-laki, aku pun salah mengira. Tak lama dia ada disamping kami, sempat terjadi perbincangan diantara kami. Sampa akhirnya dia pu berlalu meninggalkan kami berdua diantara keramaian masjid saat itu. Kakak mentor pun menceritakan gadis yang baru kami kenal barusan. Ternyata dia adalah seorang mu’alaf yang diusir orang tuanya karena dia pindah agama,. Ia berangkat dari keluarga yang cukup kuat dalam memegang keyakinannya. Dia memutuskan lari dari jakarata dan memilih bandung sebagai temapt pelariannya.Baru 3 bulan ini dia menjadi seorang mu’alaf dan yang terdengar dari mulut kakak mentorku bahwa dia sudah bisa shalat mesk I dengan bantuan mp3,dan ia pun sudah masuk iqra 6. Subhanallah dalam waktu 3 bulan dia sudah bisa shalat meski masih pake alat bantu dan sudah hampir menghatamkan iqra 6 . aku sangat kagum dengan keberaniannya, dan bersyukur karena hidayah yang ia dapat untuk bisa masuk islam. Sungguh luar biasa , keberanian gadis itu hingga ia rela harus berpisah dengan keluarga demi pilihannya itu. Tapi ada dari kisahnya yang mengiris hati. Dia bertahan hidup selama ini, dari kerja dia sebagai pencuci piring yang bayarannya pun tak seberapa, hanya Rp.2.000,. masya allah cukup untuk apa uang segitu, makan pun hanya cukup buat roti, itu pun paling Cuma buat satu bungkus, dan saat aku dengar ternyata terkadang dia menahan laparnya selama seminggu, subhanallah,siapa yang tak tersentuh hatinya?, saat tahu kisah hidupanya ,siapa yang tak akan iba melihatnnya, siapa yang takkan kagum dengan keberaniannya?, siapa yang tak bersyukur dengan keimananya yang terlahir sebagai seorang muslim saat tahu kisah ini. dan luar biasanya dia masih sanggup tersenyum dengan lepasnya dalam himpitan hidupnya itu.
Tidak ada bayi yang dilahirkan kecuali lahir dalam keadaan fitrah, maka ayah bundalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani atau majusi ….( Hadist)
Dari situ aku berpikir betapa beruntungnya aku terlahir sebagai seorang muslim, betapa beruntung aku terlahir dalam keluarga muslim, aku bangga menjadi seorang muslim. Alhamdulillah.
Untuk engkau saudaraku yang ntah dimana engkau tinggal sekarang, semoga engkau istiqomah dijalan yang engkau pilih, semoga engkau diberikan kemudahan dalam menapaki hidup ini. yakinlah Allah selalu ada untuk mu dan akan menolongmu setiap saat. Yakinlah pilihanmu ini benar, pilihan yang akan menhantarkan hidupmu pada cinta Allah. Cinta yang membuat hatimu memilih jalan ini. Hamasah saudaraku
Asrama Padjadjaran 2, Senin, siang hari 14.53 WIB
26 April 2010
Rahayu Setianingsih

4/25/2010

Pantang Menyerah buat Nulis


sekarang saya sedang merambah dunia tulis yang dulu sangat susah saya raba, iyah karena berbagai kesulitan yang sering di temukan penulis pemula. Pernah saya hampir putus asa karena dulu tiap saya menghadap media tulis , semua ide yang sudah saya susun dan simpan dalam kepala mendadak hilang, tahu deh kenapa?? Ternyata e ternyata , problematika yang saya hadapi sempat juga dihadapi oleh orang lain saat awal-awal menulis, jadi kenapa aku harus menyerah mengawali tantangan ini. heum kisah penulis sukses pun tidak langsung mengecap langsung kesuksesan mereka, tapi mellaui proses yang cukup panjang, dan dalam prose situ sering menemui kesulitan-kesulitan yang memang pasti ditemui dan harus dilewati. Mungkin aku termasuk yang tertinggal karena baru bisa menulis, jika dibanding penulis muda izzatul yang karya sudah meraih penghargaan sebagai penulis muda , atau sahabat sahabat lain yang memang sudah lama merambah dunia tulisan dan sudah menghasilkan banyak karya yang monumental..heheh tapi suatu hari juga aku bisa. Belajar terus sampai meregang nyawa, menulis terus hingga aku tak bisa menulis lagi. Ayo menulis. Semoga saya bisa menjadi bagian dari penulis sukses, yang meninggalkan izzah melalui tulisan dalam kehidupannya. Amin.

Kamar adik tercinta,09.05 WIB, 25 april 2010
Rahayu calon penulis hebat^^v

4/22/2010

Menulis itu Belajar Membaca

Menulis itu belajar

Belajar membaca

Membaca pikiranku

Membaca pikiran mereka


Menulis itu belajar

belajar membaca

Membaca perasaanku

membaca perasaan mereka


Menulis itu belajar

Belajar membaca

Membaca sejarah

Membaca saat ini

Membaca harapan


Menulis itu belajar

Belajar membaca

Membaca peristiwa

Membaca makna

Membaca pengalaman


Menulis itu belajar

Belajar membaca dunia

Jatinangor, 22 april 2010

13.00 saat kuliah berakhir

Rahayu Setianingsih

4/21/2010

Cita-citaku dulu dan Saat Ini


Sejak dulu cita-cita ku hanya satu, the one in only just want to be a TEACHER, nggak muluk-muluk. Cuma pengen jadi guru, mungkin karena pengaruh linkungan keluarga dari ibu yang memang banyak yang jadi guru, mulai dari kakek sampai kakak dari ibu. Menjadi guru adalah aktivitas menyenangkan bagiku, tapi tidak bagi temanku, menurut mereka menjadi guru hanya “MADESU” alias masa depan suram, tahu kenapa ? karena gaji guru tidaklah seberapa. Tapi yang aku lihat bukanlah gaji, yang aku lihat adalah kegiatannya, betapa menyenangkan bisa berbagi ilmu, berinterksi dengan banyak anak, lantas memahami berbagai karakter yang begitu beragam, dan lain hal yang memang bukan dilihat dari sisi material.selain itu pahalanya pun akan terus mengalir.
Ibnu majah meriwayatkan dari hadis sahal bin muadz bin anas dari bapaknya bahwa Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda, “Barangsiapa mengajarkan ilmu maka ia akan memperoleh pahala orang yang mengamalakannya dengan tidak mengurangu pahala pelakunya “( H. r. Ibnu Majah)
Menjadi guru adalah pekerjaan yang mulia, bahkan penghargaannya dalam pundak bangsa di sebuat sebgai pahlawan tanpa tanda jasa, bagaimana tidak begitu, dari tangan sang gurulah masa depan Negara ada di tangan para guru, yang mampu mencetak kader-kader militant bagi penerus bangsa, yang mmapu memebaa bangsa ini bergerak maju, tidak terus dalam keterpurukan yang terus berlaru-larut.
Lucu jika aku mengingat kembali aku 10 tahun kebelakang, jika guruku atau seseorang bertanya tentang cita-cita ingin menjadi apa, dengan mantap dan pedenya aku jawab “ aku ingin jadi seorang guru” lantas pikiranku melanglang buana, bahwa aku sudah menjadi guru, mengajar di depan kelas dengan penuh semnagat dan sanagat menikmati aktivitas mengajarku.ahhh sungguh sangat membuat hati sennag kala itu. Kemudian 10 tahun kemudian kini aku jadi seorang mahsiswa kimia UNPAD, yah seorang mahasiswa kimia UNPAD, mungkin jauh dari angan-angan ku dulu, yang berkeinginan untuk masuk PGSD UPI, agar bisa mewujudkan cita-citaku menjadi guru SD, atau jurusan pendidikan lainnya yang bisa menagarahkan aku menjadi seorang guru, tapi takdir berkata lain, rezekiku ternyata ada di kimia UNPAD, tempat yang dari dulu tak pernah terbesit sedikit pun untuk bisa masuk kimia UNPAd, ah hapuslah sudah cit-citaku ingin menjadi seorang guru. tapi ternyata tidak , sungguh ALLAH punya rencana lain yang lebih baik, meski aku sempat terpuruk, sampai aku tersadar betapa ALLAH punya rencana luar biasa,punya rencana yang indah, ternyata aku masih bisa menjadi seorang guru, tepatnya DOSEN, atau GURU BESAR, bahkan selagi mahasiswa aku masih tetap bisa menjadi seorang guru , yah guru privat,(sempat juga jadi guru TK waktu SMA), guru bagi teman-teman, guru bagi kehidupan orang lain, guru bagi diri sendiri. Bahkan ALLAH memberikan bagiku untuk berkesempatan menjadi guru kapan pun dan dimana pun. Dulu citaku menjadi guru dan sekarang pun jadi guru sekaligus peneliti.aminnnnn


Pagi hari , 21 April 2010
Asrama
Rahayu Setianingsih

Indahnya nangor dari Sudut Asrama

Perasaanku lagi semrawut kaya bola kusut, tahu deh kenapa, baca ini dan itu udah, tapi tetap ga moody.ah ya allah kembalikan moody senangku..oh ya cerita dikit deh..
Niiiichhh di bawah ada foto-foto







Nah foto yang satu ini, adalah gambar pemandangan jatinangor, tepatnya BGG lapangan golf yang ada di samping kampus UNPAD jatinangor, cantik bukan. Ini foto di ambil sore hari dari asrama padjadjaran 2, tempat aku tinggal selama kuliah di kampus tercinta. Pemandangan ini jadi sasaran empuk penghilang kejenuhan dari segala aktivitas padat dikampus. Hijaunya rumput dan pepohonan bikin mata segar kembali, pikiran pun terbawa segar. Subhanallah bagus banget lah…nah foto selanjutnya
Nah ini daerah kiara payung yang dilihat dari asrama puteri lantai lima. Mau siang mau malam tempat ini selalu terlihat indah dan enak buat dilihat, ahhh liat pemandangan gunung malam hari jadi ingat masa-masa masih aktif di ikatan remaja masjid di sekitar rumah, namanya sih “HIPAM”. biasanya kegiatan kita ba’da magrib sampe jam 9. ( duhhh jadi nostalgiaan gini…gapapa dah, mana jadi ga nyambung kesana kemari…biar wehh….tulisan-tulisan aku ini…)nah biasanya sich kegiatannya di madrasah, samping masjid, tiap sebulan sekali tepatnya tiap akhir bulan, kita suka ikut ta’lim diluar bareng ibu-ibu, bapak-bapak ,pemuda pemudi di masjid pajagalan, mun kata basa sundana mah “ngabring’, jalan ke masjid pajagalan yang cukup jauh dari tempat tinggal kami, wahh seru banget sepanjang perjalanan kita menikmati pemandangan Gunung Malabar yang ditaburi kerlap kerlip lampu, langit malam yang terhampar luas ditaburi bintang, betapa waktu itu ukhuwah kita yang terjalin indah sekali, tidak hanya sesama akhwat, tapi juga sesama ikhwan juga.nah biasanya aku tuh paling deket sama ukhti dila nempel mulu berdua ama dia, ( duhh dil ana kangen heheh , pengen ketawa sama ngobrol bareng lagi) Subhanallah deh..semangatnya kita buat tolabul ilmi..ada yang lucunya, eh udah ampe masjid malah pada tidur, gara-gara cape,jauh sama emang udah larut malam banget.heheh bukannya denger ceremah ustadnya, ehhh ini malahan ngantuk-ngantuk, mana semilir angin malam sepoi-sepoi yang nggak nahan , makin bikin rasa ngantuk menjadi-jadi, berasa dinina bobo gitu, terutama aku…heheh lucu-lucu… pas udah mau nutup doa aza ustadnya, eh kita-kita melek lagi..hehehe ( mu pulang aza melek dasarrrrrr)..emang godaannya kalo datang kepengajian , kalo ga ngantuk ga bisa diem, tahu ga? kayanya tu setan nempel di mata sama kaki, bawaannya ngantuuuuuuuuuk mlu, pegel muluuuuu..bener da ( terlihat sangat berpengalaman bukan ?hehehh, kalo lagi pengajian tidur mulu…hehehh parah). Pas melek sambil perjalanan pulang . kit saling nanya ? “ eh tadi ustad ngomong apa ya? “ GUBRAKKKKKKKKKK… ( ngapaian aza donkkkkk tadi ..hahahah parah banget…trus kita cengengesan sambil menikmati indahnya suasana malam di tempat tinggal kami, ah aku rindu anak-anak HIPAM yang dulu. Oh ya kita punya moto BE A GOOD MOESLIM OR DIE SYUHADA” uih mantapkan .ah banyak moment menarik lainnya, tapi nanti aza lagi deh.heheh bersambung ceunah.
Nahhh jadinya ngelantur kesana kemari, tadinya mu ngomongin pemandangan UNPAD kok jadi nostalgiaan heheh…tapi seengganya ini bikin moody senangku balik lagi.heheh..nah lanjut deh ini foto-foto lainnya yang ga kalah bagus ya dari yang tadi.

Sore hari,sepulang dari kampus
Asrama,21 april 2010
^^v Rahayu setianingsih ^^v