4/29/2010

Aku jadi Guru TK







Lihat! 5 bocah bergaya dengan polosnya, lihat! senyum lepas tanpa beban dari lima bocah diatas, lihat!. Yahhhh mereka 5 dari sekian banyak anak didikku, aku takkan melupakan pengalamanku selama mengajar di TK alfani , dua bulan aku menjadi seorang guru TK ,cukup menyisakan pengalaman yang manis bagiku, ilmu yang baru tentang dunia anak, pengalaman kerja seorang guru honorer, berkenalan dengan dengan keluarga kepala sekolah yang unik luar biasa.
Hampir satu tahun berlalu sudah setelah aku memutuskan mengundurkan diri menjadi seorang guru. karena sebuah jawaban atas keinginanku terwujud.ya allah apa kabar mereka? Aku rindu pada mereka, dengan kepolosannya, dengan teriakkan ibu dari mereka, dengan rengekan mereka, dengan manjaan mereka, semangat belajar mereka ,kelakuan nakal mereka, ocehan lucu dari bibir mungil dan lainnya.
Anak didik yang paling aku ingat adalah Dika, si kembar Nazwa dan Naswa kemudian Rindu.mereka yang paling berkesan dihati, untuk Dika dia yang paling kecil dulu, sehingga dia mengulang kembali di tK itu, dia yang paling kecil dan paling nakal, mengerjakan tugas pun ogah-ogahan, tapi di tahun kedua dia begitu rajin, ih dika ibu sayang kamu nak. Rindu adalah yang paling pintar dari semuanya, paling dewasa, paling rajin dan jadi unggulan dari yang lain, menjadi salah satu siswa berprestasi, dia cantik sekali, dan sangat polos. Nah di tahun kedua aku mengajar, aku menemukan anak didikku yang paling manja padaku, yaitu si kembar nazwa dan naswa, ditahun kedua mereka yang menjadi paling muda, mereka yang paling sering merengek padaku, mereka sangat sayang padaku, kalo ngerjain tugas paling ogah-ogahan, ih lucunyaaaaa..kalo kalian lihat pasti gereget ,saking lucunya mereka,kadang aku sampe bingung ngebedain mana kakaknya mana adiknya saking miripnya. Duh anak-anak didikku sayang banget ibu sama kalian . semoga kalian jadi anak yang sholeh dan sholehah.amin.
Dari penglaman mengajar itu aku pun jadi mengenal banyak hal , ya termasuk staf pengajar multi talenta, dia ibu kepala sekolah yang cantik dan pintar, tubuhnya mungil tapi punya potensi luar biasa dalam hal mengajar anak kecil dan dalam bidang seni,punya suara yang merdu dan saat membaca qira’at pun bagus sekali , tidak hanya itu dia pun serba bisa. Oh ya ibu sangat terbuka padaku soal maslah hidupnya, hingga aku diangkat menjadi anaknya yang ke 8 jadi sibungsu hehehe, aku pun dekat dengan anak-anaknya. Beliau punya 4 orang anak anak kedua dari belaiu adalah temanku waktu dibangku SMA. Luar biasa anak-anaknya pun potensi luar biasa. Anaknya yang pertama yang sering di panggil sangat pintar dlam akdemik dan teknologi computer. Nah yang kedua yang jadi temanku dia, sangat pandai dalam bidang sastra, tulisannya patut diacungi jempol, yang ketiga ini yang paling mirip dengan kepala TK, dia yang awalnya mengenalkan aku pada ibu kepala Tk dan yang terakhir dari anaknya ini yang paling punya karakter khas, heheh namanya eki, si kecil eki, matanya sipit dan dia begitu pintar kemampuan otaknya seperti kapas gampang sekali menyerap ilmu , subhanallah. Nah suami ibu kepala TK ini adalah pemilik yayasan pendidikan Alfani.
Aku pun mengenal dan bahkan cukup dekat dengan pengajar lain yaitu ibu nanih dan ibu lilis .Mereka sangat baik padaku berasa punya teman baru. heheh.
Sebelum masuk sekolah ,sepeti biasa kita berbaris di depan kelas sambil menyanyi .hehe aku masih ingat sedikt lagunya kurang lebih lagunya seperti ini.

Lonceng berbunyi
Baris dihalaman
Setiap hari aku banyak teman
Tangan ke atas di bahu di rentang
Meniru burung terbang di udara
Satu dua satu dua terbang di udara
Satu dua satu dua terbang di udara
Angkat kaki perlahan yang kiri dan yang kanan
Yang rapih wahai teman
Balik kanan serempak
Balik kanan serempak

Siap lencang depan grak
“ nah hari ini hari senin waktuya periksa kuku, hayo kuku siapa yang sudah dipotong , coba angkat jari tangannya ibu lihatttt…kuku siapa yang paling bersih dan sudah dipotong boleh masuk”
Hahah itu secuil kata yang aku ucap sebelum anak-anak masuk kekelas .
Kemudia setelah masuk kemudian kita berdoa, kurang lebih seperti ini
“tangan ke atas 1
Tangan kesamping 2
Tangan ke dpn 3 dilipat manis
1 2 3”
“Ayo alfatihah ( anak-anak pun membaca alfatihah, ) an nas nya ( anak-anak pun membacanya), al falaq ( anak-anakpun mambacanya ), alikhlas ( anak-anakpun membaca nya) . alfabettttt ( mereka pun menguraikan alphabet ABCDEF…………..)kemudian ei bi si di………(mereka pun serempak menyebutkan ABCD…dalam bahasa inggris ) yaa sekarang huruf hijaiyah , sampai nanti mutiara akhlak”
aktivitas lain pun dimulai. Mulai dari jadwal menulis alphabet sampai pelajaran menggambar, mewarnai dan menempel. Oh ya tak lupa sebelumnya di absen terlebih dahulu.semua itu begitu menyenangkan . betapa beruntung aku bisa merasakan aktivitas memjadi seorang guru TK , bisa mengenal banyak hal baru , bisa tahu psikologi anak, dan yang pasti bisa bermain dengan anak kecil.masih banyak kejadian-kejadian menarik lainnya selama kau mengajar. Subhanallah. Alhamdulillahirabbil’alamin.
Itulah sedikit tentang pengalaman aku jadi guru TK, sebenarnya masih banyak, Cuma kebanyak kalau aku uraikan .heheh ..moga –moga bisa termotivasi dan mengandung inspirasi.

Asrama padjadjaran 2, 30 april 2010
01.02 WIB dini hari
Rahayu alias BU Rahayu heheh

No comments:

Post a Comment

tulis komen mu disini ya