4/22/2011

Diam ..stttttt

Tujuh Manfaat Diam

Pertama:
Merupakan Ibadah tanpa harus capek

Kedua:
Merupakan hiasan diri tanpa perhiasan

Ketiga:
Wibawa tanpa kekuasaan

Keempat:
Benteng tanpa dinding

Kelima:
Tidak perlu meminta maaf kepada siapapun

Keenam:
Malaikat pencatat amal menjadi rehat :D

Ketujuh:
Penutup keburukan dan sisi-sisi kejahiliyahan diri



kadakng kala diam menjadi satujalan buatku menyelesaikan masalah, dari diam aku menemukan sebuah pencerahan , dan pikiran lebih jernih. Diam harus bisa ditempatkan pada tempatnya, bukan diam ketika melihat kemaksiatan ada menari di depan mata, diam untuk bisa mendapatkan kebaikan. Ada istilah diam itu Emas dan bicara itu erak. bicara seperlunya dan diam jika apa yang dikatakan tidak bermanfaat. lihatkan bahwa apa yang kita ucapakan akan enguasai ita, dan setiap kata akan di catat. 
Diam membuat tampak wibawa, nampak kehati hatian dalam berkata,. ada juga istilah kadang lidah lebih berbahaya dari sebilah pisau. yah memang saking berbahaya lidah kita, bahkan idah ini mampu menjerumuskan kita keldam tempat yang paling mengerikan yaitu neraka.

Abul Laits berkata: "Taqwa kepada Allah s.w.t. ialah mengerjakan perintah Allah s.w.t. dan meninggalkan laranganNya, maka siapa berbuat demikian berarti telah menghimpunkan semua kebaikan. Dan jagalah lidahmu dalam kebaikan bererti katakanlah yang baik sehingga untung dan diamlah dari kejahatan sehingga selamat. Dan manusia tidak dapat mengalahkan syaitan laknatullah kecuali dengan diam, kerana itu seharusnya seorang muslim menjaga lidahnya sehingga terlindung dari syaitan laknatullah. Dan Allah s.w.t. akan menutup auratnya."

Abul Laits meriwayatkan dengan sanadnya dari Abuhurairah berkata Nabi Muhammad s.a.w. bersabda: "Siapa yang percaya (beriman) kepada Allah s.w.t. dan hari kemudian, maka harus menghormati tamunya dan harus memuliakan tetangganya dan harus berkata baik atau diam."

Abul Laits meriwayatkan dengan sanadnya dari Ya'la berkata: "Kami masuk ketempat Muhammad bin Suqah Azzahid, maka ia berkata: "Mahukah saya sampaikan kepadamu hadis yang mungkin berguna bagimu sebagaimana telah berguna bagiku?" Atha'bin Abi Rabaah berkata kepadaku: "Hai anak saudaraku, orang-orang yang dahulu dari kamu itu tidak suka bicara yang tidak perlu atau bukan kepentingannya, dan mereka menganggap tiap bicara yang tidak perlu itu sia-sia kecuali kitabullah dan amar ma'ruf dan nahi mungkar, atau keperluan kehidupan sehari-hari." Kemudian ia berkata: "Apakah kamu dapat membantah ayat (Yang berbunyi): "Wa inna alaikum lahaa fidhin kiraaman kaatibien." (Yang bermaksud): "Sesungguhnya padamu ada Malaikat yang baik-baik tukang mencatat." Anil yamini wa anisysyimali qa'ied." (Yang bermaksud): "Disebelah kanan dan kiri tempat duduk." Maa yalfidzu min qaulin illa ladaihi Raaqibun Atied." (Yang bermaksud): "Tidak melepas sepatah kata melainkan ada Malaikat yang mencatat iaitu Malaikat Raqib dan Atied." Apakah tidak malu salah satu kamu bila dibuka lembaran amalnya, dunia yang utama bahkan hanya yang tidak penting dan lebih-lebihan semata-mata?"


     Abul Laits dari ayahnya dengan sanadnya dari Anas bin Malik r.a. berkata Nabi Muhammad s.a.w. bersabda: "Empat sifat tidak terdapat kecuali pada orang mukmin iaitu:
  • Diam dan ini ibadat yang pertama
  • Tawadhuk
  • Dzikrullah atau berzikir
  • Tidak berbuat kejahatan (mengurangi kejahatan)

     segala aspek yag ada sekali pun itu adalah perkara diam ternyata sangat memebrikan faedah yang uar biasa.si empat huruf aias diam juga merupakan bagian dari ibdaha, yang nyaris saja kita lupakan..termasuk saya...


    yuk belajar dan belajar mengaplikasikan apa yang kita tahu.. berkata jika itu manfaat dan diam jika hanya mendatangkan madhorot

    semoga istiqomah
    *yucan


No comments:

Post a Comment

tulis komen mu disini ya