10/19/2012

MAPPING LiFe

~Ummu Hurairah~

untuk anak asuh >>>>

Bismillahirrahmanirrahim
PETA KEHIDUPAN

TUJUAN
1.        Anas memiliki Impian dalam mencapai cita-cita
2.        Mentor mampu menstimulus mimpi anas dengan memotivasi anas dalam meraih mimpinya
3.        Anas mampu menggambarkan jalan dalam meraih mimpinya dengan metode Peta Kehidupan
4.       Anas bisa menjadi pribadi yang bermimpi, berusaha , berdoa dan tawakal dengan penerapan pola ini

METODE
Metode yang bisa digunakan adalah dengan mempresentasikan fungsi, dan manfaat dari adanya peta kehidupan, kemudian praktek dalam membuat peta kehidupan

ISI materi
PETA KEHIDUPAN

Ada istilah “gapailah cita citamu setinggi langit”
“Janganlah gapailah cita citamu setinggi pohon cabe”…

Apakah adik adik memiliki mimpi??? (Tanyakan pada anas)
Seberapa Penting Mimpi itu buat adik adik?? (Tanyakan kembali pada anas)
Kakak juga punya mimpi loh (Sebutkan mimpi kakak mentor).
Mimpi atau kalau dalam bahasa sehari hari adalah cita-cita, adalah salah satu ruh bagi kita untuk bergerak, alasan mengapa kita melakukan ini dan itu.
Mimpi atau cita cita adalah tujuan akhir yang ingin dicapai , semakin besar mimpi atau cita cita itu maka akan semakin besar usaha, doa kita.

Seberapa penting cita-cita itu ??
Cita cita membuat hidup adik adik lebih bermakna dan berarti, andai tidak ada maka mau dibawa kemana hidup adik adik.

Coba sebutkan mimpi adik adik?kemudian bayangkan  satu persatu mimpi  (ajak dulu adik adik membayangkan mimpinya)

Nah mimpi itu kan tidak bisa begitu saja kita dapatkan dengan mudah, perlu usaha bukan? Tidak bisa begitu saja setelah kita bayangkan tiba tiba saja kita bisa mencapainya. Misalkan saya pengen jadi dokter spesialis organ dalam. Dengan hanya membayangkan tiba-tiba saja bisa membayangkan adik menjadi seorang dokter spesialis Organ dalam. Tapi perlu usaha bukan?
Usaha pertama teman teman adalah membuat PETA KEHIDUPAN.
Kenapa perlu membuat PETA KEHIDUPAN sih?
Kenapa coba????
PETA KEHIDUPAN akan membuat otal bawah sadar kita memvisualisasikan mimpi-mimpi kita,membuat azzam menjadi bulat, membuat tujuan hidup kita menjadi jelas.
Jika kita sudah tahu jalannya tentu akan lebih mudah bagi kita untuk mencapai cita-cita.
Sekarang contoh kecilnya adalah tujuan temen teman hari adalah mengab , tapi temen temen ga tahu jalan menuju tempat men gab, apakah teman teman bisa sampai ke tempat ,mengab? Gakan ya? Adik adik tentu perlu tahu jalannya, setelah tahu teman –teman berjalan menuju tempat mengab dan sampailah di tempat mengab.

Baiklah adik adik,
Perlu adik ingat , bahwa ketika bermimpi tugas adik adik adalah berusaha mencapainya, selebihnya biar Allah yang mengatur mimpi kita pada akhirnya, kenapa ini kakak tekankan? Karena Allah jauh lebih tahu mana jalan yang ada ridhonya , mana yang tidak ada ridho dari Allah, makanya ketika adik adik dalam menggapai mimpi itu perlu berdoa?,Agar Allah menunjukkan segala jalan yang ada ridho dari Allah, dan jika ternyata jalan yang kita pilih tidak ada ridho dari Allah, maka Allah akan hapus jalan itu dan menunjukkan jalan lain yang ada ridho dari Allah.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada  Allah, sesungguhnya Allah Maha  Mengetahui apa yang kamu kerjakan”
(QS. Al Hasyr : 18)

Barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemaren, maka ia celaka. Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemaren, maka ia merugi. Barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemaren,  maka ia beruntung.

Tapi kan kakak aku  orang yang tidak mampu? Emang bisa?

Adik adik perlu ingat, dunia ini dan seiisinya Allah yang punya, kita juga kan ini Allah yang punya, maka mintalah pada Allah pada yang Maha Memampukan. Ketidakmampuan dalam ekonomi jangan dijadikan ketakutan besar . minta sama Allah. Sekali lagi MInta sama Allah. Setelah meminta tugas kita lagi lagi Cuma usaha bukan? Nanti Allah yang atur hasil akhirnya.

(kakak cari contoh orang sukses, yang dulunya memang nggak mampu dan terlihat sulit buat menggapai mimpi, tapi ternyata bisa menggapai mimpinya)
So kamu pasti bisa….

No comments:

Post a Comment

tulis komen mu disini ya