10/22/2011

Kenapa Musti pake Jilbab Sich

kenapa saya (wanita) harus Berjilbab?

1. Sebagai bentuk ketaatan kepada Allah dan RasulNya.
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

وَمَن يُطِعِ اللهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

"Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar". [Al Ahzab:71]

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

ذَاقَ طَعْمَ الإِيماَنِ مَنْ رَضِيَ بالله رَباًّ وَبالإسْلامِ دِيْناً وَبِمُحَمَّدٍ رَسُوْلًا.

"Sungguh akan merasakan manisnya iman, seseorang yang telah rela Allah sebagaiRabb, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai Rasul utusan Allah". [HR Muslim].

2. Memperlihatkan aurat sama dengan bermaksiat, yang bisa mendatangkan murka Allah S.W.T

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

وَمَن يَعْصِ اللهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلاَلاً مُّبِينًا

"Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan RasulNya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata". [Al Ahzab:36].
Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

كُلُّ أُمَّتِي مُعَافىً إلاَّ المُجَاهِرُن.

"Setiap umatku (yang bersalah) akan dimaafkan, kecuali orang yang secara terang-terangan (berbuat maksiat)". [Muttafaqun alaih].

3.Sesungguhnya Allah memerintahkan hijab untuk meredam berbagai macam fitnah (kerusakan)


acap kali jika kita melihat media pemberitaan, info yang diangkat asti tidak jauh dengan kasus pelecehan sex, pemerkosaan dan lain sebagainya . itu karena wanita sendiri yang mengundang kerusakan, dengan memperlihatkan auratnya dengan murah, mengenakan pakaian pendek, mengenakan pakaian yang tertutup tapi membentuk tubuh, sedang setan menyukai yang seperti itu.
wajar jika kerusakan moral ada dimana mana. karena dari wanitanya sendiri yang memberi peluang agar kerusakan itu terjadi.

4.Tidak berhijab dan pamer perhiasan akan mengundang fitnah bagi laki-laki

satu ketika ketika saya hendak pulang dari suatu agenda, berlalulah seorang wanita dengan celana di atas lutut, ia pun berjalan melewati seorang bapak bapak, tukang becak, dan bapak ini berkata "yang begini ini yang merusak iman". dengan sadar dan jelas saya mendengar lontaran bapak itu, saya yang mendengar hanya geleng geleng kepala. dan beristigfar, semoga bagian yang istiqomah menjadi jilbab yang menjadi hijab untuk saya.

نظرة فإبتسامة فسلام * فكلام فموعد فلقاء.

"Berawal dari pandangan lalu senyuman kemudian salam disusul pembicaraan lalu berakhir dengan janji dan pertemuan".


5.Seorang wanita muslimah yang menjaga hijab, secara tidak langsung ia berkata kepada semua kaum laki-laki,“Tundukkanlah pandanganmu, aku bukan milikmu dan kamu juga bukan milikku. Aku hanya milik orang yang dihalalkan Allah bagiku. Aku orang merdeka yang tidak terikat dengan siapapun dan aku tidak tertarik dengan siapapun karena aku lebih tinggi dan jauh lebih terhormat dibanding mereka.”



seorang wanita , hanya patut memperlihatkan auratnya kepada yang halal baginya, karena justru mendatangkan pahala, karena ia memperlihatkan pada yang halal baginya. andai kata aurat itu di perlihatkan pada non maharam, maka nantikanlah murka Allah, bukankah allah menyuruh kita menutup aurat kita, jelas nayata dalam firmanNya. masihkah anti menutup telinga?dan hati serta matamu ?

ذَلِكَ أَدْنَى أَن يُعْرَفْنَ فَلاَ يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

"Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Pengasih". [Al Ahzab : 59]

SYARAT-SYARAT HIJAB
Hijab sebagai bagian dari syariat islam,Diantara syarat-syarat hijab antara lain:

Pertama : Hendaknya menutup seluruh tubuh dan tidak menampakkan anggota tubuh sedikitpun selain yang dikecualikan. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

وَقُل لِّلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلاَيُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلاَّمَاظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ

"Dan katakanlah kepada wanita-wanita mukminat, hendaklah mereka menundukkan pandangan mereka dan janganlah menampakkan perhiasan mereka kecuali yang biasa nampak dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dada mereka". [An Nuur:31].

"Wahai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin,“Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang". [Al Ahzab : 59].


Kedua : Hendaknya hijab tidak menarik perhatian pandangan laki-laki bukan mahram. Agar hijab tidak memancing pandangan kaum laki-laki

Ketiga : Hendaknya pakaian atau hijab yang dikenakan tidak menyerupai pakaian laki-laki atau pakaian wanita kafir. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ.

"Barangsiapa yang menyerupai kaum maka dia termasuk bagian dari mereka". [HR Ahmad dan Abu Daud]

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mengutuk laki-laki yang mengenakan pakaian wanita serta mengutuk wanita yang berpakaian seperti laki-laki. [HR Abu daud Nasa’i dan Ibnu Majah, dan hadits ini sahih].


selamat berjilbab dan berhijab sesuai dengan ketentuan, tidaklah kita bisa rasakan sendiri manfaatnya untuk menjaga diri kita sendiri. Selain untuk menjaga kehormatan kita sebagai wanita, tentunya kita tidak ingin menjadi sumber fitnah kaum adam .

No comments:

Post a Comment

tulis komen mu disini ya